Social Icons

4 April 2012

Sudut Kota Solo

Makasih banget deh buat Beni yang udah mau mampir ke Solo. Soalnya, karena Beni yang nyempetin liburan (meski cuma dua hari) di Solo, saya jadi nyari banyak referensi tentang sudut kota Solo untuk ngajak Beni jalan-jalan

Rektorat UNS. Ya ampun, kalau bukan mahasiswa UNS sih dusun ya pengen poto (tapi saya juga pernah poto di sini ding, hihihi)
Untuk yang ga punya kendaraan dan perlu ke beberapa tempat yang jaraknya berjauhan, UNS punya bus kampus yang sekali naik cuma bayar seribu rupeee. UPI ga punya yah, jadi waktu S1 dulu saya keliling kampus UPI yang jalannya menanjak dan berliku itu jalan kaki, hosh hosh hosh...




Kalau yang ini, rektorat Institut Seni Indonesia (ISI), kampus yang tetanggaan sama UNS. Ah, Beni sih cuma pengen nyari angle yang bagus buat foto (--,)a















Masjid Ageng dekat alun-alun kota Solo. Baru pertama kali ke sini lho saya, hahaha, padahal udah empat bulan di Solo.

Ini nih Taman Sriwedari yang sering dijadiin markasnya Opera Van Java untuk manggung di Solo. Taman ini ada di jalan Slamet Riyadi.

Ada meriam di depan Sriwedari. Kira-kira ada isinya ga ini?

Waktu itu lagi ada festival tari anak deh kayanya di pendopo Sriwedari. Ah, biarin. Kita foto di patungnya aja, Be :D

Ada car free day setiap hari Minggu di Jalan Slamet Riyadi. Lumayan untuk jalan sehat sekaligus jajan, hahaha...


Yang beginian ini nih yang klasik.

Kadang, ada yang ngadain acara-acara tertentu di car free day. Promo produk, konser penggalangan dana, promo PAUD berbasis Islam, publikasi Solo Berkebun, atau yang ini, konser yang diadain sama anak-anak istimewa (berkebutuhan khusus).

Museum Radya Pustaka juga ada di jalan Slamet Riyadi.

Setiap akhir pekan, ada kereta api uap yang lewat rel di jalan Slamet Riyadi. Kalau ga salah, ini kereta untuk wisata keliling kota Solo, jadi beroperasi cuma pas ada yang booking. Klasik ya? Ini bahan bakarnya kayu atau batu bara ya, lupa saya.  Pulang dari jalan-jalan bareng Beni, kereta itu lewat. Waaaw... dusun banget lah. Soalnya baru pertama kali lihat, hihihi...


Ada juga Railbus Bathara Kresna. Kalau yang ini kereta api lintas kota. Rutenya bisa dilihat di sini.





Kalau bus tingkat ini beroperasinya akhir pekan.



Oh iya, sebenarnya saya pernah juga jalan-jalan ditemani Bayu, adik saya, dulu waktu saya tes seleksi calon mahasiswa pascasarjana UNS. Bengawan Solo, misalnya. Tapi, sungainya ga di foto soalnya airnya keruh... :(

Taman Makam Pahlawan di dekat kampus UNS.

Keraton juga alun-alun.










Kampus ISI (angle ini ga Beni ambil untuk foto, padahal bagus ya...)

Solo punya banyak tugu juga patung di jalanannya, termasuk daerah Pedaringan ini...

Dibanding Jogja, Solo memang lebih bersahaja dalam artian kultur 'desa'nya masih kerasa meski tetap kejawen buanget. Liat aja alun-alun sama keratonnya, beda kan sama jogja yg waw getoh, hahaha.

Jogja kan notabenenya provinsi dibanding Solo yang cuma salah satu kota (kecil) di Jawa Tengah. Tapi, agaknya, Jogja udah kedatangan banyak turis, lokal sampai internasional, bahkan beberapa menetap di Jogja selama kurun waktu tertentu, mahasiswa dari luar daerah yang kuliah di sana misalnya. Jadi kulturnya juga udah sedikit bercampur. Di solo, kalau kita ketemu orang pasti diajak 'boso' (jawa haluuus banget, dekat ke kromo-inggil), bahkan di pusat perbelanjaan.

Inilah Solo, kota kecil yang cukup nyaman :)
Beberapa aktivitas di Solo untuk periode Oktober 2012 bisa dilihat di sini. Budayanya cukup kental ya, di Solo :)

0 komentar:

Posting Komentar