Social Icons

29 Mei 2012

'Ketidaktahuan' yang Mahal


Harga dari sebuah 'ketidatahuan' mahal sekali ya, ternyata..

Pagi ini, saya harus merampungkan editing makalah problematika pembelajaran untuk dipresentasikan di jam kedua kuliah, 15.30 nanti. Setelah usai, saya berniat membuat print-out. Rupanya, ada yang salah dengan printernya. Catridge tidak bisa mendeteksi tinta yang disalurkan melalui infus. Saya sedikit mengotak atik catridge, menggoyang goyang agar tinta yang ada di infus bisa masuk, juga meletakkan tabung tinta eksternal ke tempat yang lebih tinggi. Tetapi, nihil. Printer tetap tak bisa mendeteksi tinta. Karena putus asa, saya biarkan saja printer itu dalam keadaan menyala.

Sungguh, saya tidak mengerti apa yang terjadi. Tahu tahu ketika mata saya tak sengaja melihat ke arah tabung eksternal, tinta hitam, merah, dan kuning sudah kosong. Ke mana tintanya? Segera saya menilik printer, dan benar, tintanya bocor. Sepertinya tinta dari catridge mengalir deras sekali ke tabung pembuangan. Dan saya masih tidak mengerti apa yang terjadi.

Melihat lantai yang banjir tinta, saya segera melapisi dengan kertas-kertas bekas. Tidak tahu harus bagaimana, sementara tinta terus menerus mengalir ke tabung pembuangan yang sudah meluap isinya karena terlalu banyak tinta yang masuk. Saya menelepon Bayu, adik saya yang kosannya hanya berjarak sekian meter dari kosan saya. Ternyata dia kuliah sampai sore.

Saya terduduk. Diam. Bingung harus bagaimana. Menghubungi teman-teman lelaki yang lain pun tak ada hasil, no respon. Ya. setidaknya saya butuh bantuan seseorang untuk menghentikan kebocoran tinta dan membantu saya membawanya untuk diservice.

Melihat tinta yang tumpah sia-sia seperti ini membuat saya menangis. Ketidaktahuan, ketidakmampuan, memang seringkali harus dibayar dengan banyak sekali rupiah.

4 komentar:

  1. mkanya rasul berdakwah untuk menghapus kejahiliyahan mb.... karna terlalu mahal, ndk hanya sebotol tinta, tp juga ribuan nyawa manusia yang perlu diselamatkan....

    #berat bgt ya bahasa gueh...

    BalasHapus
  2. curahan hati nieh yaaaaa...jangan risau,,beli yang baru

    BalasHapus