Social Icons

22 Desember 2012

Dakwah dalam Bisnis

(Dari Ustadz @yusuf_mansur di Twitter)

Jgn pisahkan dunia dg agama. Shalat dg bisnis. Dakwah dg dagang. 1 ksatuan. Politik&aqidah. Ekonomi&aqidah. Yg gitu2 dah. Utuh.

Kyk saya, he he, dakwah ya dakwah. Tp dagang ya ttp dagang. Tp bukan dagangin dakwah. Yah, mdh2an bnyk ditiru. Jgn malu2 ah bisnis.

Shalat itu ibadah. Bisnis? Bisnis ya ibadah. Sbb ibadah, langkahnya kudu bener, sumbernya kudu bener, yg didagangin, kudu bener.

Contoh dakwah sambil dagang, dagang sambil dakwah: PatunganUsaha sama PatunganAset. Itu ngajak semua orang usaha. InsyaAllah.

Buka showroom jg dakwah loh. Tunjukin gmn kalo muslim dagang. Jujur, bener, barang bagus. Sambil ngajakin karyawan jaga shalat.

Buka kuliner? Bisnis, &bs jg ibdh. Bahkan dakwah. Koq bisa? Ya, nunjukin kejujuran aja, kesantunan, itu udah dakwah. Dakwah dlm bisnis.

Akibat misahin dunia dg agama. Shalat, kayak khusyu', tp di luar, dagangnya bohong, ga jujur, korupsi kerjaannya, dll.

Yg ga boleh itu, ustadz bertarif. Kalo ga dikasih duit, ga mau dtg. Itu yg ga boleh. Tp kalo ustadz jd juragan minyak wangi, oke banget.

Jadi ustadz, jgn ngajak orang ke mesjid doangan. Tp ajak juga ke sekolah, ke kampus, belajar. +ngajak ke pasar. Dagang. Gitu kira2. Utuh.

Tdk cuma ngajak zikir... Tp ajak kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas. Itu yg dilakukan oleh banyak ustadz. Komprehensif. POL dah.

Tar kpn2 ustadz punya klub sepakbola dunia... He he... Punya stadion.. Punya mall... Punya hotel kan udah, he he he, atas izin Allah.

Mmperkerjakan orang itu ya dakwah loh. Bukan bisnis semata. Kalo kerja sama kita, jd shalat, jd ngaji, jd pake jilbab. Itu dakwah tuh.

Punya pemimpin yg turun ke jalan? Keren. Turun ke orang susah? Keren. Turun ke pasar2? Keren. Apalagi kalo +turun ke masjid2, doa bareng.

Bagus ke Allah, jelek ke manusia... Ga bagus.

Bagus ke manusia, jelek ke Allah... Ga bagus.

Jelek ke Allah, jelek ke manusia... Parrraaaahhh...

Bagus ke Allah, bagus ke manusia... TOP.

Jagoan politik, jagoan mimpin, jagoan shalat malam, kpn ya Indonesia punya pemimpin kyk gini?

Jagoan bisnisnya, dagangnya, usahanya, tp penurut sama orang tua, sayang sama keluarganya, bs jd imam shalat... Haafiz jg... Wuah...

"Ustadz... Ustadz..." "Ya..." "Ustadz, ustadz siapa sih? Ustadz atau businessman?" "Saya? Saya Ustadz Yusuf Mansur..." *kalem.

Kaya miskin, zuhur berjamaah ya... Jadi kaya semua dah. Kaya dengan pahala dan kebaikan shalat berjamaah.

Skrng bnyk orang yg jagoan omong doangan, jagoan komen. Saatnya berbuat. Awali dg zuhur berjamaah.

Ratusan&ribuan orang kerja di hotel. Apa yg sdr liat? Bukan soal punyanya. Tp soal visi misi

Muslim kudu bikin banyak properti. Biar sodara2nya balik lagi ke Jkt. Buat pemilihan besok2, he he he. Maaf kalo agak sara. 

Muslim kudu bikin banyak hotel, tp kudu banyak juga bikin pabrik. Dua2nya, bisnis yg menyentuh ummat yg bukan maen banyaknya.

Muslim juga kudu masuk di industri pangan. Belom rapih aja e-KTP, dah 240jt. Diperkirakan 300jt-an kalo udah rapih. Pangannya? 

Makanya saya coba mengambil sedikit peran di sektor ini. Sambil mengajak sdr2 juga ikut berperan riil.

Kasian betul kita2 ini, jika semua industri, ga ada yg dipegang muslim. Bener sih kita Indonesia... Tapppiii... Ah, ga sanggup saya nerusin. 

Saya pengen ngomong gini: trust me, believe me... What ever I do... Bismillaah, I do for you all, our brother 'n sister in Islam...

PatunganUsaha, PatunganAset, SedekahSawah, baru sebagian kecil aja gerakan kita. It's not just a dream... But need to do it... 

0 komentar:

Posting Komentar