Social Icons

24 Mei 2013

Cream Soup

Yang ada di imajinasi saya, cream soup itu seperti ini.


***
Ceritanya habis belanja sayur. Nemu jagung harganya Rp 2.000,00 perbonggol. Kalau beli tiga harganya jadi Rp 5.000,00. Dan karena saya adalah anak kos yang taat azas pengiritan, saya borong jagung yang limaribuan, hahaha..

Satu jagung sudah disulap jadi perkedel: dicampur tahu, telur, sedikit terigu, dan bumbu. Masih ada dua nih, diapain yaaa... Dan tiba-tiba inget cream soup yang pernah dicicipin di Pizza Hut. Yummy deh kayanya untuk buka puasa ^_^

Hunting.. Hunting.. Hunting.. Rasanya ga nemu-nemu tuh resep yang pas. Nanya-nanya temen, yang bikin kental supnya apa, ada yang bilang dikasih kanji, ada yang bilang dikasih terigu, kalau saya malah ngiranya dikasih maizena. Ya sudah, langsung saja saya putuskan untuk menganut resep cream soup di Catatan Nina.

Ini yang kemarin saya masak:

Bahan:
600 ml air kaldu ayam
400 ml susu cair tawar
1 sdm terigu
segenggam buncis, potong kecil-kecil
3 buah wortel potong dadu
1 dada ayam, potong dadu
3 bawang putih, cincang
keju secukupnya
garam, gula, merica bubuk, secukupnya

Karena beli ayamnya pagi dan ga punya kulkas, jadi ayamnya langsung saya bersihkan, dipotong dadu, terus direbus. Ga punya gelas ukur dan lupa beli air mineral gelasan untuk pengganti gelas ukur, saya pakai yang ada saja: botol Yakult 65 ml :D
Karena butuhnya 600 ml kaldu ayam, saya ukur air sebanyak delapan kali botol yakult ini (^^,)v

Setelah ayam direbus dan keluar kaldunya, rebusannya disimpan. Ini salah satu cara mengawetkan ayam ala Mama ^_^

Jelang Maghrib baru saya persiapkan semua bahan karena ini pertama kalinya saya masak cream soup, ga mau ambil resiko kalau rasa supnya jadi amburadul ((^.^')

Setelah adzan berkumandang baru bahan-bahan saya campur. Pertama, bawang putih ditumis sampai harum. Sedikit-sedikit, tuang kaldu beserta ayamnya. Terigu dilarutkan dengan susu supaya tidak menggumpal. Oh iya, saya pakai susu Ultra yang 400 ml :D

Setelah terigu larut, baru masukkan susu+terigunya. Aduk sampai rata. Mungkin seharusnya saya pakai keju melt supaya lebih mudah meleleh, tapi karena keju yang dipakai cuma sedikit, saya pakai keju cheddar yang imut itu :p
Keju dipotong kecil-kecil (karena ga ada parutan :D ) baru dimasukkan ke sup. Merica bubuk juga dimasukkan. Garam dan gulanya belakangan, nunggu kejunya meleleh dulu karena takut keasinan :D
Sayuran yang paling terakhir dimasukkan.

Dan... Ini hasilnya.


Rasanya enaaaaaaaaak (^^,)bb
Bahagia banget saya makannya.. Gurihnya pas, pas, pas! :D

Cuma kuahnya ga sekental yang di Pizza Hut sih. Ntah karena masaknya kurang lama atau memang seharusnya tepung yang dicampur bukan terigu. Tapi, untuk eksperimen pertama, saya cukup puas (^^,)v


1 komentar:

  1. Wah keliatannya enak tuh cream soupnya, oya kak. Jangan lupa nih berkunjung di blog aku, kebetulan ada resep terbaru Resep Masakan Martabak India. Jangan lupa berkunjung ya teman-teman.

    BalasHapus