Social Icons

3 Juni 2013

Nasi Kuning Ubi Cilembu

Lagi-lagi travelling. Kali ini by bus karena sendirian ke Sumedang (dari Solo). Ke nikahan Leli, sohib sejak tingkat awal kuliah S1 di UPI dulu.

Leli itu... Masuk SDnya lebih cepat setahun, di SMA cuma dua tahun, kuliah S1 cuma 3,5 tahun. Semuaaa serba aksel. Jadi nikahnya juga aksel, hihihi.. Usia 22 tahun itu, pemirsah. Dan saya yang tahun ini 24 belum juga ijab qabul, ckckck.. (sambil doa di dalam hati minta disegerakan :p )

Mumpung ke Sumedang, beli ubi cilembu deh untuk oleh-oleh. Sambil hunting resep, enaknya diapain ya ubinya.. Ah, lagi-lagi terkendala alat masak. Jadi, sementara resep yang dicobain yang gampang dimasak sama anak kos dulu.

Tempo lalu bikin nasi jagung, nasi bayam, nasi goreng hitam... Ah mau bikin nasi-nasian lagi, dan jadilah Nasi Kuning Ubi Cilembu), hehe.. Yang kaya gini ini yang bisa meningkatkan nafsu makan. Soalnya di nasinya ada rasa yang beda.

Dan taraaa..

Bikinnya gampang. Ubi cilembu dipotong kecil-kecil, dicuci bersih. Dicampur beras sedikit, kasih air santan, sedikit garam, serai (ditutus) dan daun salam. Masak pakai magic com.

Waktu pertama dibuka, memang ubinya ga langsung hancur. Bentuknya masih utuh seperti pertama kali kita potong. Makanya air santannya agak banyak supaya ubinya benar-benar empuk. Jadi bisa dilumat sekaligus diaduk bersama nasi di magic comnya.

Bagian bawah nasi saya beri rebusan sawi dan atasnya sambel tempe (favorit saya :p ) supaya nutrisinya seimbang.

Info dari vemale.com,

"Vitamin A di dalam ubi dapat membantu meningkatkan immune tubuh serta merawat kulit dengan baik. Adalah retinol yang biasa dimanfaatkan produk-produk kosmetik high end untuk merawat kulit, yang ternyata terkandung juga di dalam ubi.

Betakarotennya juga dapat melawan radikal bebas penyebab penuaan dini. Anda jadi tak perlu khawatir akan kerutan dan noda-noda hitam yang disebabkan oleh penuaan dini.

Selain itu, kandungan vitamin C dalam ubi ini dapat meningkatkan produksi kolagen, sehingga kulit tetap lembut dan elastis."

Oh iya, ini foto waktu ke nikahan Leli (^^,)v

0 komentar:

Posting Komentar