Social Icons

29 Januari 2014

Semacam Blackforest

Cita-cita bikin cake untuk Bayu, adik saya, sebetulnya sudah sejak setahun lalu, sewaktu usia Bayu genap 20 tahun. Tapi, Mbah Kakung sakit. Kami bergantian menjenguk ke RS. Al hasil, hanya bisa mengukus brownies pandan yang kurang nendang, hehe.. Dan kali ini, pokoknya harus berhasil.

Yah.. Memang bukan keharusan, menghadirkan cake, tart atau semacamnya di hari lahir. Tapi, saya adalah penggemar cake dan amat sangat penasaran ingin bereksperimen. Maka, dengan dalih ’memberi hadiah untuk Bayu’, terkabullah cita-cita membuat ’semacam blackforest’.

Daaan.. Taraaaa.. Jadilah cake yang amat sangaaat, biasa. Dengan dekorasi yang juga amat sangaaat standar :D

Tapi laku, lumayan haha.. Sampai my husby bilang, "..kayanya kita perlu buka Aulia Bakery." Itu komen yang wow karena beliau agak pelit kalau diminta komen positif, fufufu..

Barakallah fii umrik untuk Bayu Antrakusuma. A year older, a year better. Bertumbuhlah bersama cita-cita besar menjadi orang besar :-)

Ini resep untuk yang mau ikut coba buat (^^,)v

Bahan:
- telur 6 butir
- gula pasir 125 gr
- emulsifier (SP/TBM) 1 ½ sdt (saya pakai ovalet)
- tepung terigu protein sedang 125 gr
- coklat bubuk 30 gr (saya pakai van houtten)
- susu bubuk 5 gram
- baking powder ½ sdt
- margarine 125 gr , lelehkan
- coklat masak 50gr, aduk bersama margarin leleh yang masih panas

- buttercream untuk olesan 400 gram
- strawberry secukupnya

Cara Membuat:
- Telur bersama emulsifier dan gula pasir dikocok hingga mengembang.
- Tambahkan terigu, cokelat dan susu bubuk yang sudah diayak. Aduk dengan spatula.
- Tambahkan margarin dan cokelat masak yang sudah dilelehkan. Aduk rata.

Di resep yang saya dapatkan, adonan seharusnya dipanggang. Berhubung saya agak trauma karena pernah manggang cake dan gosong, akhirnya saya putuskan untuk dikukus saja. Hasilnya sama, hanya sedikit lebih berair.

Untuk topping, sebetulnya ada buttercream yang siap pakai. Tapi, saya ga nemu waktu belanja. Akhirnya buat buttercream sendiri:

- 225 gr mentega tawar, kocok hingga lembut
- 125 gr gula bubuk
- 1,5 sdm susu kental manis

Kocok ketiganya sampai rata. Siap digunakan.

Saya pilih strawberry untuk hiasan karena lebih fresh (dan murah tentunya haha). Ada siy, cerry kalengan. Tapi sayang.. Yang dipakai cuma berapa biji, harus beli sekaleng yang 40ribuan itu (._.)

Oh iya pemirsah.. Sesungguhnya.. Buttercream yang saya buat itu kurang lembut. Alhasil, waktu dicetak ga terlalu bagus bentuknya. Akhirnya saya tutupin pakai irisan strawberry biar ga keliatan, hihihi..

0 komentar:

Posting Komentar