Social Icons

28 Juni 2016

Evaluasi 14 Hari Pertama MPASI Altan

Nyari alpukat ga ketemu, adanya brokoli. Ternyata mengakhiri MPASI tunggal di hari ke14 dengan brokoli dan Altan habis itu membahagiakan \(^.^)/ mungkin karena brokolinya ditumis dengan bawang merah&putih dan diberi kaldu ayam untuk melunakkan, jadi harum gurih rasanya. Kenapa ga dari kemarin-kemarin coba ngasih kaldunya ((^.^')

Ini menu yang direvisi dari rencana menu MPASI awal karena Mamanya padat merayap di kampus dan ga sempat belanja, jadi pakai bahan seadanya di kulkas. Meski resikonya, ternyata ada yang padu padan pagi-sorenya ga pas :(  Altan sembelit gara-gara wortel-beras putih-pisang (yang tinggi serat) diberikan berurutan. Dan.. 7 hari pertamanya kurang sayur, bahkan lebih banyak mengenalkan buah berair yang akibatnya Altan diare sampai BAB 8x sehari :'( panik siy ga, cuma ngerasa 'I am not good enough', jadi ibu itu ga mudah.. Perlu belajar lebih banyak lagi.

Akhirnya, hari ke8 cek ricek lagi menunya. Selang-seling karbo, sayur, protein hewani, protein nabati, dan buahnya harus pas. Tinggi serat dipadankan dengan rendah serat di sore harinya. Lemak tambahan (saya pakai minyak makan, minyak zaitun, dan santan) juga diberikan. Air putih hanya setelah makan, bukan ketika makan, supaya Altan belajar mengunyah dan menelan.

Siap-siap besok mulai menu 4* ya, Sayang ({})

Note: Menu di gambar bukan menu ideal dan harus banyak revisi. Wortel-beras putih-pisang bisa diganti menjadi wortel-daging sapi-pisang. Buah berair bisa diganti sayur atau buah berlemak seperti alpukat untuk variasi. Kurma, ternyata juga hanya boleh untuk 12+ kecuali kurma segar (kebanyakan kurma di Indonesia sudah kering bahkan sebagian berbentuk manisan)

0 komentar:

Posting Komentar