Social Icons

2 Juni 2016

Jadwal Edukasi Altan

Belajar dari salah satu ummahat KE(ren dan)CE(rdas), lahirlah jadwal edukasi yang masih jaaauh dari sempurna ini. Semacam ikrar bahwa keseharian Altan harus diisi dengan banyak hal positif. Kalau ga dibuat begini Mamanya lalai, huhuhu..

All day long murottal, bahwa Alquran membawa rahmat bagi pendengarnya. Rahmat itu bisa berupa ketenangan hati dan ketentraman jiwa. Bukan hanya untuk Altan, tapi juga kami orang tuanya. Sekaligus mengenalkan ragam kosa kata di dalamnya agar kelak mudah bagi Altan untuk membaca dan menghafalkan.

Murojaah saat mengASI. Selain untuk mengikat kembali hafalan (yang hingga hari ini belum juga mutqin), mengajak ikut menghafal Quran, juga menjadi waktu khusus untuk kami berdua, tidak diganggu gadget ataupun aktivitas lain yang membuat saya beralih dari memandang putra pertama kami ini dengan penuh cinta.

Ba'da Shubuh, waktu paling fresh di mana Altan mulai ber'aaaooo' ria, saya membacakan kisah dari terjemah Alquran, sesekali dari buku edukasi anak. Bahwa dengan kisah (bukan dongeng) Altan akan belajar banyak hikmah juga teladan. Ba'da Maghrib, meski agak sulit, terkadang saya upayakan untuk tetap membaca, karena saat mengantuk kabarnya menjadi salah satu waktu emas untuk menerima ilmu melalui alam bawah sadarnya.

Peran ayah pun saaangat besar untuk pendidikan anak. Jika dekat dengan ibu membuat anak memiliki karakter lembut, tekun, dan ulet, maka dekat dengan ayah akan mengajarkannya menjadi sosok pemberani dan bertanggung jawab. Dengan Mama Altan adalah sosok yang cerdas dan patuh, dengan Ayah Altan terlihat lebih aktif dan ekspresif. Play time! Mungkin begitu ya ((^.^')

Buku bantal, heboh sekali saat pertama membeli ini, setahun lalu saat Altan belum lahir. Meski akhir-akhir ini justru agak kurang dilirik. Alasan memilikinya dulu untuk menstimulus agar Altan suka membaca. Daaan.. supaya bukunya awet ((^.^') tapi ya.. buku sesungguhnya bukan yang seperti ini. Tapi setidaknya mengenalkan sejak dini kepada Altan tentang warna, tulisan, dan gambar.

Semoga.. ini bukan sekedar rencana. Semoga kami dimudahkan untuk merealisasikan. Bismillah..

0 komentar:

Posting Komentar