Social Icons

4 November 2017

Mari Berkisah

Berkisah.. adalah salah satu ikhtiar untuk mengajarkan kosakata, mengajarkan bercerita, mengajarkan akhlak terutama dari salafussalih.. dan ini menjadi salah satu media untuk mendekatkan komunikasi dengan buah hati.
.
.
Awalnya saya mengajak Altan membaca buku sebelum tidur. Ternyata hanya betah beberapa menit kemudian tergoda untuk "..mimik.. Bobo.." waaah..
.
.
Dapat tugas (juga) dari Komunitas Ibu Berkisah untuk membiasakan berkisah (bukan mendongeng). Dan ternyata tidak harus mengajak ananda membaca buku. Buku hanya stimulus. Selebihnya, ibu yang harus lebih banyak bercerita. Dan di sini tantangannya. Karena ini artinya ibu harus paham baaanyak kisah. Berarti ibu harus banyak-banyak baca buku 😍😍😍
.
.
Kisah pertama, tentang penciptaan Nabi Adam as. Diceritakan saat perjalanan, karena Altan biasanya cepat bosan kalau diajak murojaah, menyanyikan lagu makhorijul huruf, dan yang lain. Dengan bekal 'lebay' yang sudah dimiliki Mama sejak lahir (eaaa), mengalirlah cerita tentang iblis yang membangkang, angkuh, dan diusir dari surga. Nabi Adam dan Hawa yang tergoda untuk makan buah khuldi yang dilarang, kemudian diusir juga dari surga.. berakhir dengan kesimpulan, kita harus senantiasa menaati perintah Allah.
.
.
Altan yang awalnya main, aktif ke sana ke mari, akhirnya mendengarkan. Alhamdulillah.. .
.
Kelak, saya berharap, dari kebiasaan berkisah ini akan menstimulus Altan untuk bertanya, "..Mama kok tau ceritanya.." yang akhirnya saya tuntun untuk membaca buku-buku shirah untuk menggali lebih banyak lagi kisah.
.
.
Karena orang besar, belajar dari sejarah.
.
.
#Hari2 #gamelevel1 #tantangan10hari #komunikasiproduktif #kuliahbunsay

0 komentar:

Posting Komentar